Skip to main content

JUAL BELI DAN BELANJA ONLINE MURAH DI BLANJA.COM AJA!

Booth BLANJA.COM di Telkom Craft Indonesia 2018

Sebelum era digital, Pemasaran produk UKM harus memiliki toko fisik, jika ingin produk yang dihasilkan bisa dilihat, dibeli oleh pembeli.Toko fisik harga sewanya bisa mencapai puluhan juta bahkan sampai ratusan juta, tentu bagi UKM tidak akan mampu membayar sewa toko yang harganya mencapai puluhan atau ratusan juta, akhirnya untuk pemasaran produk hanya mengandalkan tempat tinggal atau menitipkan produk ke toko-toko besar yang tentu akan memperhambat perputaran pendapatan UKM. Dengan keterbatasan dana ini akhirnya usaha UKM tidak berkembang dengan baik.
Sekarang jaman sudah memasuki era digital, tanpa punya toko, pedagang bisa berjualan secara online, bahkan yang tidak memproduksi barang sendiripun bisa bardagang dengan menjual produk pedagang lain , yang sekarang disebut sebagai Reseller, untuk berdagang secara online dibutuhkan kemampuan membangun, mengelola, toko online.UKM dikota besar mungkin sudah mengerti cara berjualan online , tapi untuk UKM didaerah terpencil banyak yang belum memahami cara berjualan online, bahkan mungkin belum mengerti cara menggunakan internet.

Digitalisasi UKM
"Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah komitmen pemerataan pertumbuhan ekonomi digital".kata Bpk.Presiden Republik Indonesia, Bpk.Joko Widodo.Pemerintah melalui Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan BLANJA.COM sebagai wadah bagi produk dari 118 BUMN dan produk UKM binaan BUMN untuk membantu bagi UKM yang tidak mengerti internet, serta memberikan pelatihan cara membangun dan mengelola toko online agar produk UKM bisa dipasarkan diseluruh Indonesia bahkan dunia melalui program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang hadir di 514 kabupaten.Menurut data RKB total UKM non binaan RKB ada 30.000 dan produk yang dihasilkan sebanyak 98.000, sedangkan UKM binaan RKB total 12.000 dengan produk yang dihasilkan 4.000.


Visi Misi BLANJA.COM
Sejak didirikan pada akhir tahun 2014, BLANJA.COM adalah sebagai ekosistem e-commerce marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli dengan inovasi yang dikembangkan menghasilkan kenyamanan ,kemudahan dan keamanan bertransaksi, serta mempunyai visi dan misi Memperkuat ekonomi digital Indonesia dengan menyajikan berbagai pilihan produk yang belum pernah ada dan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui peningkatan kesempatan bagi produk asli Indonesia menembus pasar nasional dan internasional.
Menurut Ibu.Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia,"digitalisasi sekaligus sinergi UKM melalui BLANJA.COM adalah wujud nyata implementasi visi Presiden Joko Widodo memperkuat sektor UKM dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara digital ekonomi terbesar di ASEAN tahun 2020.Kementrian meminta semua BUMN memanfaatkan portal BLANJA.COM dalam memasarkan produk UMKM binaan produk/jasa masing-masing BUMN".


Asli Indonesia UKM
Dengan visi misi mengedukasi dan memberdaya UKM maka BLANJA.COM menyediakan kolom khusus UKM Asli Indonesia di aplikasi BLANJA.COM, agar memudahkan pembeli untuk melihat dan membeli apa saja produk asli Indonesia yang dihasilkan dari para UKM.

Telkom Craft Indonesia 2018
Telkom Craft Indonesia 2018
Tahun 2017 Telkom Craft Indonesia telah sukses dilaksanankan, maka pada tahun 2018 Telkom Indonesia bekerja sama dengan BLANJA.COM mengadakan kembali pameran Telkom Craft Indonesia tanggal 22 - 25 Maret 2018 di Hall A & B Jakarta Convention Center yang diberi tema "Local Heroes To Global Champions".
Tujuan dari Telkom Craft Indonesia adalah mengajak masyarakat digital Indonesia untuk lebih mencintai dan mengangkat produk-produk terbaik hasil karya terbaik entrepreneur kreatif dari Indonesia ke kancah global.Menurut Alex J.Sinaga, Direktur Utama PT.Telkom Indonesia (persero)Tbk "Hadirnya BLANJA.COM sebagai etalase online seluruh produk UKM binaan BUMN mendorong persaingan para pelaku usaha ketingkat global.Sinergi BUMN bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing para pelaku usaha salah satunya melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB)".

Peserta Telkom Craft Indonesia 2018
Peserta Pameran adalah UKM binaan BUMN yang terdiri dari tiga kategori.
Kategori fashion, diantaranya Batik Lisa, Batik Esti Collection Solo dan Batik Gobang Jakarta.
Kategori Craft, diantaranya Aldorra, Amygdala Bamboo, Rumah Mutiara.
Kategori Food, diantaranya Bir Pletok Alifah, Dapur Ngoret, Depot Nukila.

salah satu koleksi Aldorra (Pic by Aldorra)

Atas kiri Koleksi Rumah Mutiara, Atas kanan Batik Esti Solo
Bawah kiri Amygdala Bamboo, Bawah kanan Kain Tenun

Salah satu booth yang saya kunjungi adalah Aldorra, Aldorra adalah UKM yang memproduksi sepatu unik dan cantik karena terbuat dari kain brokat, mata saya langsung terpesona melihat sepatu dari Aldorra.Menurut pemilik Aldorra biasanya konsumen yang memesan lebih banyak untuk wedding, karena bisa memesan secara custom disesuaikan dengan warna dan motif kebaya, karena sepatu dengan model yang kekinian di padu dengan kain brokat yang indah cocok dipadu padan dengan pakaian pernikahan atau pesta.Untuk mendapatkan sepatu ini tidak perlu harga jutaan. Sejak Aldorra bergabung dengan UKM di BLANJA.COM satu tahun yang lalu, pemesanan sepatu melalui aplikasi BLANJA.COM terus meningkat yang tentu akan menambah penghasilan UKM.
Saat mengunjungi Telkom Craft Indonesia, saya melihat motif kain-kain Indonesia yang sangat indah dan unik, Perhiasan dari batu khas Indonesia yang sangat menakjubkan, karena saya pikir perhiasan tersebut impor tapi ternyata produk asli Indonesia, harganya pun tidak semahal perhiasan impor.

Permainan tradisional Indonesia

Permainan Tradisional
Telkom Craft Indonesia juga menyediakan booth permainan-permainan tradisional Indonesia yang dinamakan Kampoeng Hompimpa, dengan tujuan agar bisa melestarikan dan mengembangkan permainan tradisonal Indonesia, mengedukasi anak melalui media permainan, dan dengan bermain memberikan kesenangan bersama.Para pengunjung bisa bermain secara gratis disini.

Aplikasi BLANJA.COM
Untuk melihat dan melakukan pembelian semua produk UKM bisa langsung klik https://www.blanja.com/kp/asli-indonesia atau download aplikasi BLANJA.COM dan lakukan registrasi, setelah mendapat kode yang dikirimkan melalui email atau sms, kamu sudah bisa melakukan pembelian, dan untuk para UKM yang ingin memasarkan produk dan belum punya toko online bisa bergabung di BLANJA.COM.Banyak sekali kemudahan, kenyamanan dan keamanan yang diberikan BLANJA.COM untuk para penjual ataupun pembeli dalam melakukan transaksi, karena BLANJA.COM telah bekerjasama dengan Bank-Bank terkemuka di Indonesia, dan ada banyak promo dan diskon untuk kamu.

Mari cintai dan dukung UKM, dengan membeli produk-produk asli Indonesia dan bangga menggunakan produk-produk UKM asli Indonesia.

Selamat Berbelanja Online!




Salam
LovVanur











Popular posts from this blog

NAIK TRANSJAKARTA ATAU BUSWAY KE ANCOL ( DUFAN, ALLIANZ ECOPARK, SEAWORLD)

Sekarang naik kendaraan umum ke tempat wisata lebih mudah dan murah, terlebih sudah ada kendaraan online seperti gojek, grab, uber untuk menuju kendaraan umum yang memudahkan kita.Naik kendaraan umum juga bisa menyelamatkan bumi yang tingkat polusinya sudah sangat menghawatirkan.Saya melihat dari flay over Transjakarta Ciledug-blokm saat pagi hari, yang terlihat adalah gumpalan kabut hitam yang sangat jelas sekali, itu artinya tingkat polusi sudah sangat tinggi.Yuk naik kendaraan umum untuk mewariskan bumi untuk anak cucu kita nanti.

Kali ini saya akan bagikan pengalaman naik Transjakarta atau busway ke Ancol Jakarta utara.Saya berangkat Minggu pagi jam 05.00 pagi dari rumah menuju halte busway kebayoran lama bawah naik gojek.Saya berangkat pagi karena ingin berolahraga di Allianz Ecopark.
Saya naik busway jurusan lebakbulus- harmoni dari halte kebayoran lama kolong jembatan.Pagi hari di transjakarta atau busway cukup sepi dan AC terasa dingin sekali, beruntung saya membawa jaket.saa…

Naik Grab Car & Busway ke DUFAN ( Dunia Fantasi)

Naila Alifya my Daughter (9th) belum pernah diajak jalan-jalan Ke Dufan (Dunia Fantasi) karena saya pikir Naila kalau diajak ke Dufan dibawah umur 9 Tahun sayang nanti naik wahananya hanya sedikit dan sekarang waktunya Umur Naila sudah 9 Tahun dan Tinggi Badannya lebih dari 125cm( cause di Dufan sebagian besar untuk naik wahana dewasa minimal tinggi badan 125cm, tapi ada untuk tinggi badan yang dibawah 125cm tapi tidak banyak).Akhirnya jauh-jauh hari planning ke Dufan Tanggal 212 ( Maksudnya Tanggal 2 Desember 2016) Tapi sayang ternyata tanggal 212 gagal total karena ada Demo besar di Jakarta (untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jadi saya batalkan).

Hari Jumat Tanggal 9 Desember 2016 akhirnya kami berangkattt (Naila Alifya (Daughter), Kayla Nareswari (Niece), Risma Aulia (second Cousin),(kenapa hari jumat karena weekdays berharap Dufan tidak penuh seperti di weekend)
Plan nya mau naik Busway PP tapi berhubung saya lagi kurang fit akhirnya diputuskan naik Grab Car.Setelah p…

MALL SELATAN JAKARTA YANG NYAMAN HANYA DI ONE BELPARK MALL

Mencari tempat nongkrong di selatan Jakarta untuk semua usia dan berfasilitas lengkap bisa datang ke One BelPark Mall, suasana cozy dan terasa hangat.Makan, berbelanja bersama keluarga, bermain dengan anak-anak di waktu libur sekolah atau meeting dengan teman kantor, atau hanya sekedar JJS menikmati secangkir kopi di temani live music pasti sangat menyenangkan.Harga makanan dan minuman pun tidak menguras kantong.
Lokasi Startegis
One BelPark Mall berada di kawasan selatan Jakarta tepatnya di Jl.Rs.Fatmawati No.11 Cilandak. Lokasi cukup startegis, mudah dijangkau dengan transportasi umum, saya dari kebayoran lama naik busway transit di Blok M, lanjut naik busway jurusan Pondok Labu turun di depan One BelPark Mall, hanya butuh waktu 45 Menit dan biaya transportasi busway Rp.3.500.
Konsep Go Green Konsep One BelPark Mall adalah Go Green dengan suasana yang sangat menyenangkan seperti playground.Saat pertama kali memasuki mall, saya merasa nyaman, sejuk dengan AC alami, pasti menyenangkan men…