HAI BUNDA ASIFIT BERIKAN ASI EKSKLUSIF SAMPAI BAYI BERUSIA 6 BULAN


Merawat bayi adalah pekerjaan yang cukup menguras tenaga karena bayi mempunyai jam tidur yang berbeda dengan orang dewasa, terkadang di tengah malam, anak menangis karna haus dan harus di beri ASI, tapi semua tenaga yang hilang terbayarkan jika melihat anak sehat dan bisa tidur dengan nyenyak.

Tanggal 22 Desember 2018, bertempat di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jl.Prof Dr Satrio kav 3-5 Jakarta Selatan, Hai Bunda dari Detikcom dan Asifit, dalam menyambut hari Ibu memberikan apresiasi untuk Ibu atau Bunda yang sudah berjuang untuk memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan.



APA ITU ASI ?
Menurut WHO dan para ahli kesehatan kandungan, Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi 0-6 bulan.ASI, Air Susu Ibu adalah sumber gizi utama bayi yang tidak tergantikan oleh apapun.Setelah melahirkan Ibu dianjurkan langsung memberikan ASI ke bayi, karena ASI pertama mengandung kolostrum (dari bahasa latin colostrum) adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Kolostrum warnanya kekuningan dan kental. Kolostrum penting bagi bayi karena mengandung banyak gizi dan zat-zat daya tahan tubuh.ASI juga sangat cocok untuk pencernaan bayi yang masih belum sempurna, karena pola komposisi ASI akan berubah mengikuti masa tumbuh kembang dan kebutuhan bayi.

Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2002 menyusui yang benar adalah 
  1. IMD (Inisiasi Menyusui Dini)
  2. ASI Eksklusif selama 6 Bulan
  3. MP ASI (Home made)
  4. ASI diteruskan sampai 2 tahun atau lebih. 
Cara Pemberian ASI Eksklusif
  1. Jangan memberikan makanan atau minuman apapun kepada bayi.
  2. Menyusui sesuai kebutuhan bayi, minimal 8 kali dalam 24 jam.
  3. Jika bayi telah tidur 2-3 jam, bangunkan bayi untuk disusui.
  4. Ibu bekerja bisa memerah ASI untuk bayi.

Manfaat ASI Untuk Anak
  1. ASI mengandung makrofag, limfosit dan antibodi yang dapat mencegah bayi terinfeksi penyakit agar bayi bisa tetap sehat dan masa pertumbuhannya optimal.
  2. 6-8 kali terhindar kanker anak (DundarozRet al 2002), 47% terhindar BAB cair (Beaudry 1995) dan 16,7 kali terhindar pneumonia (caesar JA BMJ 1999).
  3. Membuat anak lebih sehat, pandai, IQ lebih tinggi, kesehatan mental lebih baik.
  4. ASI mudah dicerna dan diserap bayi.

Manfaat ASI untuk Ibu
  1. Memberikan pengaruh biologis,  emosional kedekatan antara ibu dan bayi yang bagus untuk kesehatan ibu dan bayi seperti kutipan laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
  2. Menurut para ahli kandungan memberikan ASI ekslusif bisa menjadi alat kontrasepsi alami untuk ibu efektif 90% dengan syarat pemberian ASI di bawah 6 bulan, menyusui setidaknya 1 jam dalam 1 hari( 6 kali sehari selama 10 menit), Ibu belum mendapatkan haid kembali setelah melahirkan.
  3. Mengurangi resiko kanker payudara, kanker rahim, maternal diabetes dan rheumatoid arthritis.
  4. Mengurangi kelebihan berat badan (overweight).
  5. Mengurangi stress dan kegelisahan.
  6. Secara ekonomi Ibu bisa menghemat uang belanja bulanan tanpa perlu membeli susu formula yang harganya cukup mahal.

Siapa Yang Berperan Penting Pemberian ASI Eksklusif
  1. Selain peran penting Ibu, peran keluarga untuk mendukung ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayi seperti membantu menyiapkan makanan bergizi untuk ibu menyusui, 98% keberhasilan menyusui pada kelompok Ayah yang mengerti ASI dan 26,9% Ayah tidak mengerti ASI. 
  2. Peran Penting Pemerintah mendukung ASI eksklusif, turut mendukung WHO dan UNICEF untuk memperingati hari Breastfeeding Week atau Pekan ASI Sedunia setiap tanggal 1-7 Agustus, mengatur cuti hamil dan melahirkan untuk ibu bekerja dalam UU no 13 tahun 2003, memberikan ruang laktasi khusus untuk Ibu menyusui di tempat umum atau lingkungan kerja dan memberikan pengetahuan pentingnya ASI, pelatihan dan konsultasi ASI.

Ayo dukung para ibu di dunia,  khususnya para ibu di Indonesia untuk memberikan ASI Eksklusif untuk bayi yang baru lahir dari usia 0-6 bulan tanpa diberikan makanan pendamping, cukup hanya diberi ASI saja.Saat bayi berusia 6 bulan para ibu masih bisa tetap menyusui hingga usia anak 2 tahun dan juga memberikan makanan padat bergizi atau Makanan Pendamping ASI (MPASI).
Bagaimana Cara memperlancar ASI, ibu bayi harus makan makanan bergizi seimbang dan minum Asifit sehari 3 kali 1-2 kaplet, karena Asifit mengandung bahan alami ekstrak daun katuk, dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B6 dan B12.
Jika ingin tahu banyak info seputar Ibu dan Anak kunjungi website Ayo Bunda Detik com klik disini .


#ASILANCARIBUBUGARANAKPINTAR
#AYODUKUNGASIEKSKLUSIF


Salam Sehat Pejuang ASI
LovVanur

Comments

Popular posts from this blog

NAIK TRANSJAKARTA ATAU BUSWAY KE ANCOL ( DUFAN, ALLIANZ ECOPARK, SEAWORLD)

Naik Grab Car & Busway ke DUFAN ( Dunia Fantasi)

EXCEL UNTUK ONLINE SHOP / TOKO BAJU,SEPATU SANGAT MUDAH