10 Istilah Saham Yang Wajib diketahui Investor Pemula

 


Lihat acara tv ada anak artis Eko Patrio ulang tahun, ternyata putra Eko Patrio minta hadiah ulang tahun berupa lembar saham, ada juga selebgram Nanda Arsyinta yang mendapat mas kawin berupa lembar saham. Jaman sekarang sedang trend nabung saham mulai dari anak-anak, anak muda hingga ibu rumah tangga sudah mengenal bahkan memiliki saham. Jangan bilang nabung saham itu perlu uang puluhan bahkan ratusan juta, cukup punya uang minimal 10.000 Rupiah sudah bisa nabung saham. Sebelumnya investasi saham hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit lebih. Butuh uang banyak untuk bisa masuk dalam rekening saham karena ada batasan minimal tabungan dan jumlah per lembar saham tiap lot mencapai 500 lembar, sedangkan saat ini hanya 100 lembar sehingga lebih terjangkau untuk dibeli. Berbagai kemudahan inilah yang pada akhirnya membuat gerakan cara nabung saham semakin populer dikalangan kaum milenial.

 


Aplikasi Ajaib

Salah satu aplikasi trading saham, Reksadana yaitu Ajaib. Aplikasi ini bisa di didownload melalui Google Playstore atau App. Setelah download isi semua data yang diminta, siapkan KTP jika disetujui, bisa langsung buat rekening RDN (rekening ini untuk menampung uang trading saham) bisa top up untuk saldo buying power dan bisa tarik dana masuk ke rekening tabungan. Untuk rekening RDN aplikasi Ajaib lebih baik gunakan rekening Bank BCA karena free admin atau tanpa biaya, karena Ajaib bekerja sama dengan BCA. Setelah rekening RDN jadi, Kamu sudah bisa mulai trading mulai dari Rp.10.000/100 lembar saham. Dapatkan hadiah saham jika kamu pakai kode :  lovv493 pada saat pendaftaran akun.

Istilah Saham

Sebelum melakukan trading, ada banyak sekali istilah saham yang wajib diketahui oleh investor pemula, seperti :

1. Bursa Efek

Bursa efek adalah sebutan bagi lembaga yang menyediakan sistem, sarana, dan peraturan untuk melangsungkan perdagangan efek, baik berbentuk saham maupun obligasi. Bursa efek juga memfasilitasi terhubungnya perusahaan penerbit efek (disebut sebagai perusahaan publik atau perusahaan terbuka) dengan investor. Dengan kata lain, bursa efek adalah sebuah pusat perbelanjaan yang berisi berbagai macam perusahaan dengan produk saham yang dijual, sehingga kamu bisa memilih saham mana yang kamu inginkan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan.
Bursa efek sering juga disebut dengan bursa saham atau pasar saham.  Di Indonesia, dikenal qsebutan Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX).

2. IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) adalah indeks yang mengukur naik dan turunnya harga seluruh saham yang terdaftar atau tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Secara garis besar, IHSG adalah indeks yang berfungsi sebagai acuan untuk memantau kenaikan ataupun penurunan harga-harga saham perusahaan publik. Dengan demikian, pergerakan IHSG sangat penting untuk diketahui, terutama bagi investor pemula, karena dapat memberikan gambaran mengenai performa saham perusahaan publik yang menjadi target investasi.

3. Emiten
Perusahaan yang menerbitkan efek (saham atau obligasi) dan mencatatkan efek yang diterbitkannya di bursa efek disebut sebagai emiten.
Di bursa, setiap emiten mendapat klasifikasi tertentu, misalnya berdasarkan sektor usaha (perbankan, kesehatan, pertambangan, dll) besarnya kapitalisasi (perusahan bermodal besar atau kecil), dan masuk papan perdagangan jenis apa (papan utama, pengembangan, atau akselerasi). Dengan memahami tentang klasifikasi emiten, investor dapat menentukan akan menginvestasikan modalnya pada saham emiten jenis apa.

4. Perusahaan Sekuritas atau Anggota Bursa (Broker)
Perusahaan sekuritas adalah pihak yang telah mendapat izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan kegiatan usaha sebagai Perantara Pedagang Efek, Penjamin Emisi Efek, atau kegiatan lain sesuai ketentuan Pengawas Pasar Modal. Bagi investor pemula, perusahaaan sekuritas yang harus dicermati adalah yang terdaftar di OJK dan menjadi anggota Bursa (AB), agar investasi Anda terjamin pengelolaannya. Jika Anda tertarik berinvestasi saham, maka perusahaan sekuritas yang dapat Anda pilih adalah yang melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek (broker) dan manajer investasi. Perusahaan pedagang efek (broker) bertugas melakukan kegiatan jual beli efek, jadi Anda bisa langsung membeli atau menjual saham dengan menggunakan jasa broker.  Sedangkan Manajer Investasi bertugas mengelola portofolio investasi reksadana, yang salah satu instrumennya adalah saham, sehingga Anda dapat mempercayakan pengelolaan dana investasi Anda di reksadana saham kepada manajer investasi tersebut.

5. Kode Saham

Setiap perusahaan tercatat (emiten) di Bursa memiliki kode saham yang patut diketahui investor. Pasalnya, kode saham ini menjadi nama lain dari emiten atau perusahaan yang menerbitkan saham, yang dipakai dalam perdagangan di Bursa. Misalnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memiliki kode saham TLKM, PT Bank Central Asia Tbk memiliki kode saham BBCA, PT Astra Internasional Tbk memiliki kode saham ASII. 

6. Buy & Sell
Buy & Sell adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses jual-beli saham. Sama seperti artinya dalam bahasa Indonesia, buy berarti adalah proses saat kamu membeli saham pada bursa efek, dan sell adalah saat kamu menjual lembar saham tersebut.

7. Lot (satuan saham)

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan satuan saham yang diperdagangkan di Bursa. Ketika Anda membeli saham membeli saham, Anda akan mengisi jumlah satuan saham yang akan Anda beli dengan satuan lembar. Meski dihitung per lembar, namun transaksi saham di Bursa tidak bisa dilakukan per lembar. Berdasarkan aturan Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi jual beli saham minimal dilakukan dalam 1 lot saham. Adapun 1 lot saham sama dengan 100 lembar saham, sehingga saat Anda ingin berinvestasi di saham maka minimum saham suatu emiten yang harus Anda beli adalah sebanyak 100 lembar atau 1 lot.

8. Saham Blue Chip
Saham blue chip diartikan sebagai saham dari perusahaan besar yang kuat dari sisi finansial maupun manajemen. Dengan kata lain, saham blue chip juga biasa diartikan sebagai saham dari perusahaan papan atas pada jenis sektor atau industrinya.
Selain memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan ramai diperdagangkan, saham blue chip punya kriteria lainnya, yaitu saham yang menjadi market leader (pemimpin pasar) di sektornya. Istilah Blue Chip awalnya berasal dari permainan poker. Dalam permainan poker, keping koin (chip) berwarna biru memiliki nilai tertinggi dibandingkan warna merah dan putih. Istilah Blue Chip dipakai dan dikenal secara luas di dunia saham setelah diperkenalkan oleh Oliver Gingold. Di Bursa Efek Indonesia, total ada 45 emiten yang masuk kategori saham Blue Chips yang selanjutnya dikenal dengan istilah index LQ45. Beberapa saham blue chip adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Gudang Garam Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Perusahaan Gas Negara (Persero).

9. Profit Taking
Profit taking adalah tindakan investor menjual sekuritas atau aset portofolio mereka untuk menjaga kinerja imbal hasil setelah mengalami kenaikan yang signifikan. Bisa dikatakan, profit taking adalah aksi ambil untung yang dilakukan oleh investor karena terjadi kenaikan harga saham dalam periode yang cepat yang biasanya disebabkan oleh sentimen tertentu. Meski profit taking menguntungkan bagi investor yang bersangkutan, profit taking juga bisa berdampak pada investor lainnya. Kerugian tersebut terjadi ketika harga aset mereka tiba-tiba melemah karena terjadi aksi jual yang terjadi secara masif dan dalam satu periode waktu. Aksi profit taking yang dilakukan beramai-ramai bisa berdampak pada harga saham sebuah perusahaan, harga saham secara kumulatif pada sektor tertentu, atau bahkan keseluruhan pasar keuangan. Bila harga sebuah produk investasi merosot secara tiba-tiba setelah sebelumnya sempat menguat, tanpa adanya isu atau sentimen negatif yang memengaruhi produk tersebut, biasanya diakibatkan oleh aksi profit taking oleh investor.

10. Cut Loss
Cut loss adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan investor untuk membatasi kerugian dengan cara menjual saham karena harga saham mereka bergerak turun. Istilah cut loss sendiri berasal dari kata idiom Bahasa Inggris, cut one's losses. Kamus Merriam Webster mendefinisikan cut one's losses sebagai menghentikan aktivitas atau kegiatan usaha yang gagal untuk mengurangi kerugian yang lebih jauh. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada laman sikapiuangmu.ojk.go.id menjelaskan, cut loss saham adalah istilah yang digunakan ketika kita menjual saham pada harga yang lebih rendah dari harga belinya, sehingga kita mengalami kerugian (loss). Sama seperti arti dari idiom Bahasa Inggris yang telah dijelaskan sebelumnya, cut loss bukan untuk merealisasikan kerugian, tapi untuk mencegah kerugian yang lebih besar bila harga saham yang dipegang terus menurun.

 Aplikasi ajaib : klik disini


 

Comments

  1. Saham merupakan investasi yang menjanjikan dan bakalan harganya naik terus.

    ReplyDelete
  2. Aku udah punya reksadana di ajaib. Kebetulan udah lumayan lama punya aplikasinya hehe.. gampang mantaunya deh klo pake ajaib.

    ReplyDelete
  3. reksadana sama saham jaman sekarang emang jadi salah satu plot pengaturan uang buat investasi masa depan yaa, tapi harus pinter dan tau ilmunya dulu nih

    ReplyDelete
  4. Investasi menjadi mudah dengan aplikasi Ajaib. Pilihan investasinya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dana yang ada dan kapanpun bisa dipantau

    ReplyDelete
  5. Memang ya, kesadaran investasi di kalangan generasi muda semakin tinggi. Apalagi banyak aplikasi yang memudahkan untuk berinvestasi seperti ajaib ini. Menarik memang.

    ReplyDelete
  6. Yang nomor 6 itu pernah daku praktikkan saat tes masuk kerja di kantor saham. Seru sih, tapi daku gak lanjut ke tes berikutnya karena kurang cocok hehe

    ReplyDelete
  7. Dari beberapa istilah saham yang ada disini yang sering aku dengar cuma yang nomor 1 dan yang lainnya aku dapatkan dari artikel ini. Thankyou infonya mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

NAIK TRANSJAKARTA ATAU BUSWAY KE ANCOL ( DUFAN, ALLIANZ ECOPARK, SEAWORLD)

Naik Grab Car & Busway ke DUFAN ( Dunia Fantasi)

EXCEL UNTUK ONLINE SHOP / TOKO BAJU,SEPATU SANGAT MUDAH